Sosialisasi Amnesti Pajak 2016 KPP Pratama Timika

Timika – Kamis 4 Agustus 2016, KPP Pratama Timika menyelenggarakan Sosialisasi Pengampunan Pajak untuk para Wajib Pajak.

Acara yang berlangsung mulai pukul 09.00 s.d. 13.00 WIT itu dihadiri oleh kurang lebih seratusan undangan dimana selain diikuti oleh para Pimpinan Perusahaan juga ikut dihadirkan pula para Pimpinan Bank dan para Notaris yang ada di Kab. Mimika bertempat di Ballroom Akare Enakota Lt. V KPP Pratama Timika.

Sosialisasi Amnesti Pajak Aug 2016 002 KPP Patama Timika

 

Dalam sambutannya selaku Kepala KPP Pratama Timika, Hadi Susilo mengatakan bahwa Amnesti Pajak merupakan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah kepada Wajib Pajak, merupakan hak Wajib Pajak apakah akan memanfaatkannya atau tidak karena tentunya selain mendapatkan fasilitas pasti ada kompensasinya. Wajib Pajak dipersilahkan untuk memilih mana yang lebih menguntungkan menggunakan fasilitas Amnesti Pajak atau tetap dengan ketentuan yang ada.

 

“Ada banyak faktor lahirnya Amnesti Pajak ini, diantaranya: Moderasi pertumbuhan ekonomi global, perekonomian Amerika yang belum stabil, perlambatan pertumbuhan Tiongkok, ketidakpastian kebijakan moneter, harga komoditas menurun serta dampak dari risiko geopolitik yang terjadi di Timur Tengah dan Brexit yang semuanya menyebabkan perlambatan ekonomi di Inonesia, Defisit Neraca Perdagangan, penurunan laju pertumbuhan sektor industri/manufaktur juga Infrastructure GAP yang masih tinggi sehingga memaksa pemerintah segera mengeluarkan kebijakan baru terkait perekonomian negeri ini ya salah satunya Undang-undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak ini” ujar Meyer M.U. Nainggolan, Kepala Seksi Pemeriksaan dalam paparan disesi yang pertama.

  Sosialisasi Amnesti Pajak Aug 2016 001 KPP Patama Timika

 

Selain itu Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV KPP Pratama Timika, Fajar Nur Hidayat menyampaikan fasilitas apa saja yang diterima oleh Wajib Pajak apabila memanfaatkan Amnesti Pajak, diantaranya: Pertama penghapusan pajak terutang yang belum diterbitkan ketetapan, tidak dikenakan sanksi administrasi dan pidana sampai dengan akhir tahun pajak terakhir. Kedua, penghapusan sanksi administrasi berupa bunga, atau denda sampai dengan akhir tahun pajak terakhir, tidak dilakukan pemeriksaan pajak, bukti permulaan dan penyidikan tindak pidana perpajakan sampai dengan akhir tahun pajak terakhir, dan penghentian pemeriksaan pajak, bukti permulaan dan penyidikan sampai dengan akhir tahun pajak terakhir yang sebelumnya ditangguhkan.

Sosialisasi Amnesti Pajak Aug 2016 007 KPP Patama Timika

Usai pemaparan materi dari kedua narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi. Undangan yang merupakan Wajib Pajak yang memiliki potensi menggunakan Amnesti Pajak terlihat sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan serta memberikan pendapat terkait materi yang telah disampaikan sehingga suasana terasa hangat dan penuh keakraban. Adapun dalam sesi diskusi ini, semua pertanyaan yang diajukan dijawab langsung oleh Kepala KPP Pratama Timika, Hadi Susilo.

Menurut Hadi dengan memanfaatkan Amnesti Pajak maka aset yang dialihkan itu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia sehingga dapat menuntaskan kemiskinan, mengurangi kesenjangan ekonomi dan menambah lapangan pekerjaan. Harapan kedepannya semua Warga Negara Indonesia yang menginvestasikan asetnya di luar dapat beralih untuk berinvestasi di dalam negeri.