HAKS 2015: Budayakan Malu Korupsi

Tanggal 9 Desember 2015 yang lalu, adalah hari bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia, dimana saat itu adalah pertama kalinya rakyat Indonesia melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di berbagai daerah di seluruh penjuru negeri. Akan tetapi ada satu lagi agenda besar yang juga diperingati di setiap tanggal 9 Desember dan skalanya bahkan diperingati oleh seluruh dunia yaitu Hari Anti Korupsi Sedunia yang biasa disingkat HAKS. KPP Pratama Timika sebagai institusi yang menerapkan nilai integritas yang tinggi dalam memberikan layanan administrasi perpajakan tidak mau ketinggalan dalam memperingati HAKS 2015 ini.

Persiapan jalan santai HAKS 2015

Dengan mengusung tagline “Budayakan Malu Korupsi”, KPP Pratama berusaha mensosialisasikan dan mengajak seluruh masyarakat untuk memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh pada setiap tanggal 9 Desember.

02 Pose Bareng Pagi

Peringatan HAKS 2015 kali ini digelar tepat pada tanggal 9 Desember 2015 yang diisi dengan ragkaian kegiatan dari pagi hingga sore, yang diikuti oleh seluruh pegawai KPP Pratama Timika. Kebetulan saja kabupaten Mimika tidak mengikuti gelaran pilkada serentak sehingga partisipasi dari pegawai bisa maksimal dalam mengikuti rangkaian acara dan tentu saja kantor tetap buka untuk memberikan layanan kepada Wajib Pajak .

03 Jalan Santai

Kegiatan awal HAKS 2015 dimulai dengan agenda jalan santai pagi mengelilingi jalan-jalan utama di Kota Timika. Jam 7.30 pegawai sudah berkumpul di halaman depan kantor untuk melakukan pemanasan dan briefing singkat terkait teknis kegiatan. Agar misi HAKS ini sampai ke masyarakat, di barisan terdepan dan barisan paling belakang ada pegawai yang memakai rompi banner yang berisi pesan-pesan anti korupsi sehingga bisa mengingatkan masyarakat bahwa perang terhadap korupsi harus tetap dilakukan karena korupsi saat ini bukannya semakin berkurang, namun semakin menggurita dan terjadi di lintas sektor.

04 Jalan Santai HAKS 2015

Selesai jalan santai pagi keliling kota, para pegawai kembali ke kantor dan menikmati sarapan sarapan pagi berupa bubur ayam dan minuman kopi. Pagi hari yang hangat ditemani sarapan bubur dan secangkir kopi memang pasangan yang klop untuk menghilangkan penat sejenak. Selesai sarapan para pegawai diberi kesempatan mempersiapkan diri untuk acara puncak pada siang harinya yaitu penguatan semangat anti korupsi dan pentas seni atau adu bakat antar seksi dengan tema anti korupsi. Sebagian pegawai justru memanfaatkan waktunya untuk melanjutkan pekerjaan kantor yang belum selesai.

Akhirnya tibalah acara puncak Peringatan HAKS yang dimulai pada pukul 13.00 WIT di ruang aula lantai 5 KPP Pratama yang mempunyai nama daerah “Ruang Enakota”. Acara puncak HAKS 2015 dibuka Bapak Hadi Susilo, Kepala KPP Pratama Timika. Pada kesempatan tersebut, Bapak Hadi Susilo mengajak seluruh pegawai untuk bersatu dan mempunyai semangat yang sama untuk mewujudkan KPP Pratama Timika menjadi institusi yang kredibel di mata masyarakat, khususnya Wajib Pajak, dengan menjadikan KPP Pratama Timika sebagai institusi yang anti korupsi atau bebas dari praktik korupsi. Pada akhir sambutannya, Bapak Hadi Susilo mengajak semua pegawai untuk mempunyai budaya malu korupsi.

05 Pembukaan Acara HAKS 2015

Acara selanjutnya adalah dengan games ringan yang disiapkan oleh panitia. Games ringannya adalah menyusun puzzle foto salah satu tokoh anti korupsi Indonesia yang sangat terkenal integritasnya yaitu Bapak Mohammad Hatta yang juga mantan Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia.

06 Puzzle Tokoh anti Korupsi

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman kesan dan pesan terhadap semangat anti korupsi yang dituliskan oleh masing-masing pegawai pada sebentuk kertas aneka warna dan ditempelkan pada papan informasi.

07 Pesan Anti Korupsi

Acara semakin seru ketika sesi unjuk bakat dari masing-masing seksi digelar, total ada 10 seksi yang tampil diawali dari Subbag Umum dan KI yang menampilkan simulasi parodi morning activity dan dilanjut dengan seksi-seksi lainnya.

08 Pentas Aksi Antar Seksi

Berbagai pertunjukan ditampilkan di panggung aula mulai dari aksi teatrikal anti korupsi, puisi, cerita anti korupsi, lagu, dan diakhiri penampilan yang tidak terduga dari Bapak Hadi Susilo dalam bentuk stand up comedy yang mengangkat tema anti korupsi.

09 Kreasi Anti Korupsi

Akhirnya tibalah pada penghujung acara yang ditutup dengan pengumuman pemenang dari lomba menyusun puzzle dan unjuk bakat. Pegawai tampak antusias hingga akhir acara selesai dan tentu saja yang harus diingat bahwa peringatan HAKS ini bukan acara untuk mencari hiburan semata tetapi yang lebih utama adalah menjaga semangat anti korupsi di KPP Pratama Timika.

10 Kepala KPP dengan Panitia

Sebagai informasi, seluruh panitia peringatan HAKS KPP Pratama Timika tahun 2015 ini adalah pegawai wanita. Hal ini bukannya tanpa alasan. Wanita adalah ujung tombak dalam pencegahan korupsi. Sebagaimana yang disampaikan Bapak Hadi Susilo, lingkungan pengendalian yang paling efektif dalam pencegahan korupsi adalah lingkungan keluarga yaitu istri maupun anak.

DJP, Bisa! KPP Pratama Timika, Kitong Bisa !!