ICV KPP 953 Outbound On Waterboom

ICV953 (1)-Sebelum berangkat

Rutinitas bekerja dalam menghimpun pajak dari masyarakat sudah barang tentu mendatangkan capek dan jenuh, seperti halnya tanah yang perlu dipupuk kembali agar subur maka motivasi & semangat pegawai dalam bekerja perlu untuk di-refresh kembali. Salah satu sarana dalam menguatkan kembali motivasi bekerja pegawai dan menguatkan nilai-nilai kementerian keuangan maka KPP Pratama Timika mengadakan kegiatan Internalisasi Corporate Value (ICV) dalam bentuk outbound.

ICV yang dilaksanakan tanggal 5 September 2015 di Waterboom SP 3, Kuala Kencana, Timika memang terasa kurang lengkap karena menjelang hari-H, bapak kepala kantor, Hadi Susilo, mendadak mendapat panggilan dinas sebagai narasumber workshop yang diadakan Kantor Pusat DJP pada hari Jumat, 4 September 2015 sehingga acara dikomando oleh pejabat pengganti yaitu Pak Budi Juwono. Walaupun begitu para pegawai KPP Pratama Timika tetap antusias dalam menyambut gelaran rutin ini.

Kegiatan ICV dimulai dari jam 06.30 dengan berkumpul dan berangkat bersama dari gedung kantor menggunakan mobil dinas dan truk. Perjalanan dari kantor menuju lokasi tidaklah jauh hanya sekitar 20 menit dengan diselimuti cuaca mendung menjadikan udara semakin dingin di pagi hari itu.

Sesampainya di Waterboom Kuala Kencana sebagai lokasi acara, para peserta disambut dengan sarapan nasi uduk bersama-sama juga dengan para panitia. Diharapkan dengan sarapan, acara bisa diikuti dengan semangat tinggi dan stamina yang baik karena sebagian acara melibatkan kegiatan fisik dari peserta. Kegiatan berikutnya adalah sambutan dari tim panitia, pembukaan dari pak Budi dan ditutup dengan doa.

Rangkaian kegiatan inti ICV dimulai dari senam pagi dengan instruktur lincah dari panitia yang berhasil mengajak peserta bergerak aktif mengikuti contoh gerakan dan bahkan saking semangatnya peserta sampai meminta “nambah durasi ” untuk sesi senam pagi ini :D.  Kemudian peserta setelah dibagi dalam beberapa tim dengan anggota berjumlah antara 8-9 orang diajak secara bersama-sama melewati area waterboom dimana salah satunya harus melewati rintangan jembatan tali melintang. Peserta melewatinya dengan berbagai cara yang menyiratkan makna bahwa ada banyak cara untuk melewati hambatan bekerja.

Kegiatan berikutnya mulai mengajak peserta dalam tim untuk berkompetisi. Team building games dan problem solving games menajdi tema acara games sesi pagi hingga siang. Sesi lomba pagi dimulai dengan lomba memindahkan hulahup dari ujung tim ke ujung lainnya dimana antar peserta saling bergandengan tangan. berikutnya lomba memindahkan air dalam baskom melalui atas kepala ke peserta di belakangnya tanpa melihat. Bagi peserta yang gak fokus pasti bakalan kena tumpahan air sendiri saat air dilewatkan diatas kepalanya, tapi hal ini bisa diantisipasi karena pada ICV kali ini setiap peserta sudah membawa baju ganti. Setelah break sebentar untuk snack pagi tim peserta diajak berkompetisi lagi hingga jam 12 WIT, antara lain games yang disajikan panitia adalah bertema brain games, yaitu menjatuhkan sebutir telur dari ketinggian 1 meter tanpa pecah dengan bermodal kantong kresek, membuat lingkaran kertas besar yang bisa dimasuki minimal 8 orang dari selembar kertas, lomba mengeluarkan bola pingpong dari galon air bocor dan membuat yel-yel tim.

Setelah istirahat siang, sholat dan makan (ishoma), tepat jam 13.30 peserta berkumpul lagi di area lapang waterboom untuk kegiatan games berikutnya yang berlokasi di sekitar area kolam, sebelum games instruktur senam mengajak kembali untuk senam (siang) bersama dan kali ini instrukturnya bergantian antar peserta karena bagi siapa saja yang disentuh badannya oleh instruktur dia harus maju ke depan dan memberikan gerakan senam variatif.

Setelah senam siang peserta berlomba kembali, mulai dari menyeberangkan peserta dari sisi sungai kecil ke sisi lainnya dan lomba berantai dimana setiap tim diharuskan meluncur dari tempat seluncur kolam, merayap dalam terowongan air dan diakhiri dengan melewati jaring laba-laba tanpa merusaknya. Setiap peserta mengikuti dan tampak akrab dalam suasana gembira dan heboh karena semua merasakan sensasi berbasah-basah ria bersama. Games terakhir ditutup dengan lomba mengumpulkan kelereng yang tersebar di seluruh sudut-sudut area waterboom. Setiap kelereng yang terkumpul dihitung per tim untuk mencari pemenangnya.

Hari sudah menjelang ashar, panitia mulai menghitung poin dari masing-masing games dari pagi hingga sore dan tibalah waktunya untuk mengumumkan juara mulai dari Berharap Juara II-I, Juara 3-1 dan Juara Umum. Juara umum selain mendapat bingkisan juga mendapat voucher makan untuk tim pemenang di salah satu rumah makan populer di Timika.

Akhirnya ICV ditutup oleh panitia dan bagi peserta diberikan kebebasan untuk meninggalkan lokasi atau memanfaatkan jam bebas dengan menikmati fasilitas waterboom bersama dengan pegawai lainnya. ICV tidak sekedar melepas penat tetapi juga ajang silaturahim dan sinergi antar pegawai/seksi karena setiap selesai games selalu disisipkan pesan positif dan kaitannya terhadap nilai-nilai kementerian keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, pelayanan & Kesempurnaan. Akhir kata DJP, Bisa!!, KPP Pratama Timika, Kitong Bisa !!!

ICV953 (50)-Penutupan

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *